Wednesday, 24 September 2025

M4P3L P1L1H4N D1G1T4L BR4ND1N6

  

1.      Frasa pendek yang menyampaikan pesan inti atau nilai merek disebut....

a.      pesan dan konten pemasaran

b.      logo

c.       x slogan merek

d.      identitas visual merek

e.       hak kekayaan intelektual merek

 

2.      Berikut yang merupakan tujuan utama pemasaran tradisional adalah .....

a.      berfokus pada interaksi dua arah dengan konsumen, analisis data, dan penggunaan teknologi

b.      membentuk ciri khas yang membedakan dan mengingatkan konsumen terhadap merek

c.       tetap relevan, menarik, dan kompetitif di era digital yang terus berubah

d.      menyajikan konten secara langsung dan sesuai dengan permintaan audiens

e.      menarik konsumen melalui media massa dan membangun pengenalan merek melalui paparan berulang

 

3.      Pernyataan yang tepat tentang Virtual Reality (VR) adalah ...

a.      suatu pendekatan yang terus-menerus untuk mengembangkan serta meningkatkan strategi branding dalam lingkup digital

b.      teknologi yang memungkinkan pengguna masuk ke dalam dunia virtual melalui perangkat khusus

c. konten yang memberikan informasi berdasarkan lokasi, data waktu nyata, dan sebagainya

d. teknologi kecerdasan buatan yang mampu mereplika otak dan pikiran manusia

e. konsep yang terhubung dengan perangkat sebagai media komunikasi berbasis internet

 

4.      Pernyataan yang tepat untuk buyer persona adalah .... HOTS

 

a.      reputasi yang dihasilkan dari janji yang telah dibuat dan dirawat secara konsisten tujuannya untuk mendapatkan pengakuan dari pasar

b.      persentase pelanggan yang mengetahui dan mengingat sebuah brand

c.       rencana atau tindakan untuk mencapai tujuan marketing yang telah ditetapkan berdasarkan tujuan dan urutan prioritas bisnis

d.      representasi dari target pelanggan yang didapatkan dari hasil riset yang mendalam

e.      strategi yang berfokus pada pembuatan konten berupa tulisan, video, infografis, dan konten berkualitas lainnya untuk menarik perhatian dan mempertahankan audiens

 

5.      Berikut pengertian yang tepat mengenai slogan adalah....

a.      artikel atau tulisan yang dipublikasikan di sebuah situs web

b.      buku elektronik yang umumnya lebih panjang dari artikel blog

c.       frasa pendek yang menyampaikan pesan inti atau nilai merek

d.      gambar atau grafik yang menggabungkan data, informasi, serta elemen visual untuk menyampaikan pesan secara ringkas dan menarik

e.      elemen visual utama yang mewakili identitas merek

 

6.      Segala bentuk informasi yang disajikan melalui media digital, seperti internet, media sosial, aplikasi, dan lain-lain. Konten digital dapat berupa teks, gambar, video, audio, atau kombinasi dari semuanya disebut

a.      search engine optimization

b.      website

c.       konten gambar

d.      konten digital

e.      key performance indicator

 

7.      Tulisan yang berisi berita, panduan, atau informasi tertentu yang diterbitkan di media online yang berisi konten dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto, hingga video yang dikelola seorang blogger atau perusahaan disebut

a.      blog/website

b. infografis

c. copywriting

d. brand awareness

e. search engine optimization

 

8.      Di bawah ini merupakan manfaat membangun chemistry dengan audiens, kecuali ....

a.      kurangnya kesadaran terhadap merek

b. membangun kepercayaan pelanggan

c. menciptakan pengalaman positif

d. mendorong interaksi

e. membangun hubungan yang bermakna

 

9.      Pernyataan yang benar tentang peranan utama konten digital dalam meningkatkan jangkauan bisnis adalah…. HOTS

a.      pemasaran konten juga berperan penting untuk membangun kesadaran merek

b.      melalui strategi yang tepat, dapat menarik target audiens atau pelanggan potensial dan mengubahnya menjadi pelanggan setia

c.       dengan menciptakan kampanye yang efektif akan menarik perhatian calon pelanggan di seluruh dunia

d. konten digital memungkinkan perusahaan untuk terlibat secara langsung dengan pelanggan melalui berbagai saluran digital

e. bisnis yang mengabaikan pemasaran digital secara tidak langsung mengabaikan kebutuhan pelanggan dan pelanggan potensial

 

10.  Seseorang atau figur dalam media sosial yang memiliki jumlah pengikut yang banyak atau signifikan disebut....

a.      blogger

b.      videografer

c.       volunteer

d.      influencer

e. infografer

 

 

11.  Salah satu hal yang dilakukan saat promosi launching produk adalah

a.      gunakan gaya bahasa dan tone yang sesuai dengan target audiens

b.      gunakan kesempatan ini untuk membangun hubungan dan keterlibatan dengan audiens

c.       pilih narasumber yang relevan dan memiliki pengaruh di industri yang digeluti

d.      pilih pertanyaan yang paling relevan serta beri tanggapan yang jelas dan terperinci

e.      berikan penawaran eksklusif kepada penonton yang hadir secara langsung

 

12.  Metode yang digunakan apabila ingin memberi informasi yang berbeda, bisa menggunakan diagram batang. kolom, atau bubble chart adalah ....

a.      compare

b. inform

c. change

d. relationship

e. organize

 

13.  Pernyataan yang tepat mengenai audiens adalah ....

a.      seseorang yang memiliki jumlah pengikut yang banyak dan memiliki pengaruh terhadap pengikutnya

b.      seseorang yang memiliki dan/atau mengelola sebuah blog

c.       sekelompok orang yang berpartisipasi dalam sebuah acara

d. orang yang menciptakan atau mencetuskan gagasan

e. orang yang tertarik untuk membeli produk atau jasa dari suatu perusahaan

 

14.  Mengidentifikasi dan memahami kualitas, persyaratan, dan perilaku orang-orang yang paling mungkin tertarik pada suatu produk atau layanan disebut HOTS

a.      audiens

b.      analisis target audiens

c. pelanggan

d. konten kreator

e. influencer

 

15.  Proses mengategorikan dan menganalisis audiens berdasarkan faktor seperti afinitas, ketertarikan, dan nilai yang dipegangnya disebut analisis

a.      psikografis

b. sosial

c. demografis

d. branded

e. unbranded

 

16.  Jenis copywriting yang fokus dalam menyampaikan citra dan identitas dari suatu brand adalah…….HOTS

a.      technical copywriting

b.      publikasikan konten dengan rutin

c.  SEO copywriting

d.      brand copywriting

e.      direct response copywriting

 

17.  Berikut merupakan tujuan melakukan riset pasar adalah...

a.      meningkatkan kesadaran merek

b.      memahami kebutuhan dan preferensi konsumen

c. menyampaikan informasi yang relevan

d. membangun kemistri dengan pelanggan

e. meningkatkan penjualan produk

 

 

18.  Pernyataan yang tepat tentang copywriting (naskah iklan) adalah ....

a.      mengidentifikasi dan memahami kualitas, persyaratan, dan perilaku orang-orang yang paling mungkin tertarik pada suatu produk atau layanan

b.      laporan tren, laporan penggunaan media sosial, laporan pengguna internet, statistik pasar, dan data penjualan

c.       representasi visual dari informasi atau pesan yang dapat disajikan dalam berbagai bentuk, seperti poster, foto, atau ilustrasi

d.      sebuah cara dalam menulis konten pemasaran yang dapat membujuk audiensi untuk melakukan pembelian atau konsumsi atas produk yang dipasarkan

e. proses menciptakan dan menghasilkan materi tulisan yang disesuaikan dengan format digital, seperti artikel blog, posting media sosial, dan konten video

 

19.  Buku elektronik yang dapat diunduh dan dibaca secara digital disebut

a.      jurnal

b.      artikel

c.       website

d.      blog

e.      e-book

 

20.  Metode analisis yang mana peneliti terlibat langsung dalam lingkungan responden, mengamati dan beradaptasi dengan rutinitas mereka untuk memahami konteks yang lebih dalam disebut

a.      kuesioner

b.      penelitian etnografi

c.       wawancaгa

d.      focus group

e.      riset sekunder

 

21.  Berikut merupakan teknik pemasaran digital branding, kecuali

a.      pemasaran konten

b.      optimisasi mesin pencari

c.       pemasaran media sosial

d.      personal branding

e.      pemasaran email

 

22.  Proses menciptakan serta membangun kehadiran dan identitas merek atau produk dalam ekosistem digital disebut

a.      digital branding

b. personal branding

c. pemasaran pasif

d. platform digital

e. traditional marketing

 

23.  Strategi pemasaran yang menggunakan metode konvensional dan saluran yang telah ada sebelum adanya kemajuan digital serta internet disebut

a.      pemasaran konten

b.      platform digital

c.       pemasaran email

d.      traditional marketing

e.      digital branding

 

24.  Berikut yang bukan merupakan contoh traditional marketing adalah ....

a.      iklan felevisil

b.      iklan melalui email

c.       spanduk

d.      brosur

e.      iklan radio

 

25.  Suatu tanda yang memiliki karakteristik yang berupa gambar, nama, kata, huruf, angka, corak warna, atau kombinasi dari unsur-unsur tersebut disebut....

 

a.      slogan

b.      identitas visual produk

c.       merek

d.      logo

e.      pesan pemasaran

 

26.  Pernyataan yang tepat elemen merek harus mudah dikenali dan diingat adalah.....

a.      membangkitkan emosi positif

b.      menarik perhatian

c.       memperkaya komunikasi merek

d.      meningkatkan kredibilitas

e.      mencapai tingkat tertinggi dan brand awareness pasar

 

27.  Alasan yang tepat mengapa kredibilitas dan daya tarik yang kuat dalam elemen merek sangat penting adalah....

a.      mempermudah difusi pesan

b.      memperkuat asosiasi merek

c.       membangkitkan emosi positif

d.      memudahkan identifikasi

e.      mendaftarkan merek

28.  Elemen merek harus aman, baik secara hukum maupun persaingan, yaitu ....HOTS

a.      protectability

b.      adaptability

c.       transferability

d.      meaningful

e.      memorable

 

29.  Artikel atau tulisan yang dipublikasikan di sebuah situs web disebut konten....

a.      e-book

b.      email

c.       blog

d.      infografik

e.      video

 

30.  Konten audio yang dapat diunduh atau diputar secara streaming disebut...

a.      email

b.      e-book

c.       blog

d.      infografis

e.      podcast

 

 

Esay :

 

1.      Jelaskan pengertian audiens menurut Wikipedia!

2.      Apa yang dimaksud dengan Digital Branding dan mengapa penting untuk bisnis di era digital saat ini?

3.      Jelaskan elemen-elemen kunci dalam membangun strategi digital branding yang efektif!

4.      Analisislah bagaimana media sosial berperan dalam strategi digital branding? Berikan contoh!

5.      Bagaimana cara mengukur keberhasilan sebuah kampanye digital branding?

No comments:

Post a Comment

1NF0RM4T1K4

  Fitur pada WhatsApp yang paling tepat untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus dalam satu percakapan adalah... a. ...